Thanks.

Ya, 12 tahun gue idup, gue ketemu banyak orang. Ada yang baik, baik banget, annoying, annoying banget, ada juga yang jahat. Tapi nggak jahat banget. Kategori jahat cuma 1 di dunia ini buat gue. cebollita_animated_onion-15

Yeah, 12 taun gue idup. Gue mengalami banyak perubahan. Dari mulai polos banget, masih unyu, cuma bisa nangis kalo pipinya dicubit. Lalu gue tumbuh jadi anak yang polos. polos aja. Ngga lebih ngga kurang. cebollita_animated_onion-10

Lalu gue mulai tumbuh, menuju proses pendewasaan dengan peran sebagai seorang anak yang (Alhamdulillah) dididik oleh orangtua terbaik yang berwawasan luas. Umur 11 tahun, gue resmi menjadi wanita dewasa. Segala dosa dan pahala gue, gue tanggung sendiri. Mulai dari situlah, gue bertekad buat jadi anak baik-baik, nggak nyusahin orang tua gue.

Nyusahin disini bukan dalam artian nyusahin dalem ekonomi, tapi dalem urusan akhirat. Seperti ‘sabda’ dari Bunda gue, yang entah udah berapa kali diulang-ulang.

Kamu boleh ngelakuin apa aja, asal jangan sampe nyusahin Bunda ama Ayah di akhirat. Nggak mau kan, orangtuanya babak belur digebukin di kuburan?

Jujur, tiap nginget kata-kata itu, mata gue selalu memanas, berkaca-kaca. keinget, perbuatan gue selama ini yang cukup nyusahin orangtua.

Dan gue keinget semua jasa bunda-ayah gue, nggak kehitung.

Sekarang, gue sekolah di SMP Negeri, walaupun bukan favorit, yang perjuangan buat masuk aja susahnya minta ampun. SMPN 5 Depok. Ghoe-Toen 501

Gue masuk sini, bukan hasil kerja keras gue, gue inget. NEM gue cuma 26-an. Gue udah ngga keterima di 3 sekolah, sementara pendaftaran SMP swasta udah tutup. Disaat gitu, gue cuma bisa ngadu ama bunda. Ngadu, ngeratap, plus minta maaf karena udah nyusahin. Padahal niatnya pengen ngeringanin beban idup mereka, biar sekolahnya ngga usah bayar SPP.. crazy-monkey-emoticon-029

Tapi, bunda gue emang punya jiwa yang besar. Dia nepok-nepok punggung gue, dan ngebesarin hati gue. Bukan, bukan hati gue yang jadi besar sampe ngalahin gedenya jantung ama limpa gue, tapi.. bikin semangat gue buat ngedapetin sekolah makin besar.

Bunda langsung ngeganti dasternya ama baju gamis, jaket, dan ngambil konci motor, dan ngajak gue nyari info. FYI ya, gue udah nyerahin berkas formulir gue sebelumnya. Tapi gue lupa dimana.

Malemnya, bunda chattingan ama group BBM-nya, minta doa, biar anaknya keterima di SMP pilihan terakhirnya, SMPN 5 Depok.

Temen-temen gue (yang udah tau dari orangtuanya) pun bejibun ngasih support dan dukungan buat gue.

Cepet-cepet gue detengin bunda, yang lagi tiduran sambil megangin BB. Gue cium pipinya, dan ngucapin makasih. Gue bersyukur banget saat itu, dikasih bunda sebaik ini…

Besoknya gue mantengin situs online buat penerimaan siswa baru di warnet. Gue cek, dari urutan terakhir sampe urutan pertama. gue berkali-kali ngescroll, sampe suatu hal bikin gue kaget, sekaligus bahagia.

Nama gue ada di urutan 51, dari ratusan peserta. Diterima di SMPN 5 Depok.

Alhamdulillah, gue langsung meluk bunda, ngucapin makasih berkali-kali, dan nggak henti-hentinya nyebut nama-Nya. cebollita_animated_onion-19

Bunda langsung ngajak gue buat ngurus surat-surat, nyerahin berkas, dan subhanallah, semua selesai hari itu juga, dan gue resmi diterima di sini. yellow-hair-girl-emoticon-11

Dan sekarang, nggak kerasa. Udah mau 2 semester gue sekolah di SMP baru. Gue punya banyak temen, mulai punya banyak kesibukan, dan ada satu hal yang bikin gue bersyukur banget. Gue bisa tau apa arti sahabat sebenernya.

Gue punya banyak sahabat, tapi yang paling gue sayangin ya.. Rika. Yang pernah ngeduet ama gue disini.

Gue kenal dia pas pengenalan ekskul rohis. Ekskul dimana gue sekarang jadi salah satu aktivisnya. Waktu itu, dia duduk disamping gue, dan gue nyadar, dia sekelas ama gue. Mulai saat itu, gue akrab ama dia. Akrab banget malah..  yellow-hair-girl-emoticon-13

Dia anak bahasa, macem gue. Anaknya cantik sumpeh, perfek. Ranking 1 mulu, baik, lifeskillnya juga keren. Fansnya? jangan tanya.. banyak nyang suka ama dia. Dari kelas paling ujung sampe ujungnya lagi.

Tapi gue temenan ama dia bukan karena itu. Pernah suatu hari, dia ngomong sesuatu ama gue, dan sukses bikin air mata gue membanjir. Hal itu, sumpah… fatal banget, bahkan awalnya gue sendiri nggak percaya. Sampe gue ngomong gini ke dia.

“Lu.. nggak boong ama gue kan ya?”

“Nggak lah. Ngapain juga aku bohong. Kamu bisa jaga rahasia kan?”

Dia, orang yang bikin semangat dan bakat nulis gue ngembang. Salah satu inspirasi terbesar gue selain Bunda dan realita kehidupan gue.

Karena dia gue jadi punya banyak ide buat ditulisin. Gue sering ngeduet ama dia lewat SMS. Dan gue ama dia lagi bikin project. Apa itu? Masih gue rahasiain. cebollita_animated_onion-20

Gue sama dia saling ngesupport satu sama lain. Waktu dia ada konflik, gue selalu ngedampingin dia. Kecuali ke kamar mandi. Seyadong-yadongnya gue, nggak sampe segitunya juga..

Momen dia ama gue juga banyak banget, ke TBN bareng-bareng, curcol 6 jam penuh di pos kamling, maen basket ditengah ujan, banyaklah… cebollita_animated_onion-19

Jujur, banyak banget yang berubah semenjak gue ketemu dia. Perubahan itu tetep mengarah ke yang positif. gue bersyukur banget bisa ketemu ama dia.

Thanks, thanks buat semuanya.. cebollita_animated_onion-17

Leave a pieces, please?

