Alay Itu.. Relatif

Hohoh, halo halo Assalamu’alaikum~  cebollita_animated_onion-17

Lama ya gue nggak ngeblog? Sebenernya nggak lama-lama amat sih, terakhir gue blogging tanggal 27 kemaren. Itu juga lewat android. Makanya pendek, terus nggak ada emotikonnya, maklum gaptek.

cebollita_animated_onion-07

Seperti yang gue jelasin sebelumnya, gue sibuk beneran, PR gue numpuk. Baru satu selese, dikasih lagi satu. Noh! Ada IPS, Agama, Matematika, Bahasa Inggris, giliran gue nyari Bahasa Keyadongan aja kagak ada.. cebollita_animated_onion-15 Udah ah ngelanturnya, gue belom sampe ke inti bahasan gue nih. Postingan ini judulnya kalian udah tau kan? Alay itu Relatif.

Iya, kali ini gue mau bahas tentang fenomena Alay. Setelah gue terinspirasi ama postingannya Domba Unyu ini. Inget loh, gue cuma terinspirasi, bukan nyontek sampe bener-bener persis.

Belakangan ini *bukan belakangan ini juga sih* kita suka denger istilah itu di sekeliling kita kan? Entah itu pas lagi nonton acara musik, pas lagi nongkrong di jalan, pas ngobrol ama temen di sekolah, atau pas lagi nguburin mayat.

Paijo: Eh, itu jenazahnya alay banget ya.

Murni: Hah? Alay? Alay dari mananya?

Paijo: Itu tuh *nunjuk mayat* masa kain kafannya motif polkadot. Mana mukanya didandanin dulu lagi sebelum dikubur.

Murni: Oooh

cebollita_animated_onion-21

Gue sendiri pertama kali denger istilah itu taun 2010-an, pas gue masih kelas empat. Pas Nidji, D’Masiv, Ungu, Armada, Radja, ama Olga masih dianggep keren.

Taun segitu, kalo nggak salah lagi ngetrend-ngetrendnya Pesbuk, Jastin Biber, plus GaY4 NuLi3z MatJ3M G!ni3H. *sumpah ini gue ribet banget ngetiknya*

Kalo di wikipedia, Alay itu merujuk pada gaya hidup remaja, mulai dari cara berpakaian, cara mengetik, selera musik, cara berbicara, dan lain sebagainya. Yang membuat mereka terlihat menonjol di mata orang lain. *atau malah menyilaukan mata*

Kalo di Filipina, Alay itu disebut Jejemon. Contohnya, kayak gambar dibawah ini nih.

189185_620

*aduh blog gue udah nggak perawan lagi, ternodai ama gambar nista macem gini sih* cebollita_animated_onion-07

Tapi Itu dulu. Sekarang beda lagi. 

Kalo sekarang mah, apa-apa dianggep alay. Tapi yang mau gue bahas sekarang adalah perilaku alay di Social media

Kalian punya temen di sekolah kan? Pasti dong temen kalian itu nge add Facebook, ngefollow Twitter, dan nyimpen nomor hape atau pin BB kalian.

Biasanya sepulang sekolah, kalian juga berinteraksi lewat social media. Bahkan ada diantara kalian yang ngebahas PR, guru killer *haha saia banget* atau ketua kelas kalian yang udah taken, iya nggak? IYAIN AJA BIAR CEPET!

Dan keesokan harinya di sekolah, nggak jarang dari kalian yang ngebicarain apa yang kalian lakuin di social media kemaren.

“Nyet, poto profil pesbuk lu alay banget dah”

“Twitter lo suspend ya?

“Gue udah ngefollow elo, follback bisa kali”

Nah, itu beberapa contohnya. Terus, kalo kalian ngestalk twitter atae faCEBOOK temen kalian, pasti isisnya beda-beda kan? Ada yang kerjaannya mintain follback orang, ada yang statusnya galau mulu, ada yang isi timelinenya pacaran, ada juga yang timelinenya lawakan semua.

Kata orang sih, facebook itu sarangnya anak-anak alay yang TuL!z@nnY@ K4yak G!N13h. Banyak juga yang bilang kalo alayers facebook pada pindah ke twitter. Hmm, gue ssependapat, tapi juga nggak sependapat ama mereka. Facebook itu nggak alay kok, penggunanya aja yang alay. *digorok*
Iya. Segala sesuatu yang keren, bisa jadi alay ketika alayers yang make.
Kalo sekarang sih, istilah SWAG yang lagi ngetrend. Haha, mereka cuma tau ngomong ama nulisnya, tapi kagak tau artinya. Puih! *jejelin durex*

Setau gue, kata-kata itu biasa dipake ama rapper atau penyanyi Amrik. Tapi gue tau dari si GD. Kurang lebih SWAG itu akronim dari Style With A little bit Gangsta, eh malah dipelesetin ama anak-anak alay, jadi Single Woles Anti Galau. Alay emang, gue aja muak dengernya. *telen fiesta rasa stroberi*

Nyahahah. Di saat anak-anak lain pada ngeksis di socmed bareng temen-temen sekolah, hang out di Sevel, atau kebut kebutan di jalan raya, gue malah sengaja nggak menonjolkan diri gue. Itu alasan kenapa gue bikin twitter yang usernamenya aneh. Yang kata temen-temen gue alay.

Username twitter gue @sfbclassievip21. Nama lengkap gue Selma Fatimah B.S, SFB itu inisial dari nama lengkap gue, Classievip21, itu penname gue. Yang tentu aja punya arti tersendiri.

sfb+classievip21 = sfbclassievip21 :3

Aneh ya? Bukannya gue nggak bangga sama nama yang ortu gue kasih. Gue bangga kok. Itu buktinya gue cantumin. Tapi karena tweet gue isinya Korea-Koreaan, username gue aneh, plus ava gue yang pake fotonya GD Bigbang, jadilah gue nggak dikenali :3

Tapi menurut gue bagus loh.  Ntar kalo gue ketauan ngetweet yadong, ngomong kasar, dan ketauan demen liat MV yadong terus dilaporin ke guru kan berabe….

cebollita_animated_onion-12
cebollita_animated_onion-12

Tapi gue nggak begitu menarik diri kok. Ada beberapa temen yang gue follow. Temen yang Insya Allah punya pemikiran yang sama ama tweet-tweet gue, yang memaklumi gue dengan segala keyadongan, kechildish-an, kefrontalan, dan kata-kata pedes yang gue muntahin lewat tweet-tweet gue.

Ada temen yang pernah bilang gini ke gue: “Lu di twitter ama di sekolah beda banget ya. Di twitter frontal banget sumpah.”

Gue cuma bisa senyum. Mereka bener, walaupun mereka yang ngomong itu bukan temen deket gue.

Benernya, ya karena emang sebenernya gue orangnya frontal. Tapi karena ini bukan negara bebas, jadi gue cuma diem. Kalo gue ngomong di dunia nyata juga bakal dicuekin, karena emang pemikiran gue beda dari orang kebanyakan. Kalo di twitter, nggak banyak yang ngawasin gue. Jadilah gue lebih banyak ngomong di twitter ketimbang di dunia nyata. Gue juga orangnya agak susah berteman. Temen yang paling akrab ama gue itu HP, Novel, WordPress, ama Twitter. Mereka nggak nusuk dari belakang, nggak ngeluh, nggak pernah berkhianat, dan nggak pernah bikin gue sakit hati.

Alay itu.. relatif. Apa yang kita anggep normal, bisa aja dianggep orang lain alay. Tapi biasanya, Alay itu justru mereka yang ngatain orang lain Alay. Mereka nggak mau dibilang Alay, makanya ngatain orang lain alay. Iyalah, kuping gue aja panas dikatain Alay.

Gue sendiri juga nggak mau dikatain Alay. Makanya gue berusaha sebaik mungkin buat nggak ngatain orang lain Alay.

Lagian ribet amat sih sibuk-sibuk ngatain orang lain Alay. Idup gue aja udah susah, pake ngurusin urusan orang lain. Lagian kalo kita ngatain orang, kita dosa.

Jadi ya, gue mutusin buat fokus ama hidup dan kehidupan gue, biarlah anak-anak Alay itu sibuk ngetawain gue. Tapi nanti, gue yang bakal ngetawain mereka di masa depan. Sekian, terimakasih 🙂

2 thoughts on “Alay Itu.. Relatif

Leave a pieces, please?